(PS3/PS4 - TUTORIAL) CARA MENCABUT DAN MEMASANG KEMBALI PORT HDMI

Seringkali Cabut dan Pasang HDMI, menyebabkan Soket konektor, Atau Port HDMI menjadi Longgar, Tentu keadaan ini akan menyebabkan Resiko yang tidak diinginkan, Dari mulai PIN konektor Patah, Bersatu, Goyang atau berkarat, Tentu setelah patah, Goyang atau berkarat, Maka Port HDMI ini akan mengalami sulit menyampaikan signal GAMBAR dan SUARA secara utuh, bersih dan terang. Solusi untuk menghadapi dampak ini, adalah, Mengganti Port HDMI nya. tetapi apakah mudah mencabut Port konektor HDMI? bagaimana step by step nya? Gambar dibawah ini, adalah salah satu contoh port HDMI yang rusak PIN nya.



Jika kita bicara PS3, maka kita akan tahu, ada 2 jenis port HDMI, yang dipergunakan, Misalnya di serie 20XX, itu akan terdiri dari 2 baris, (2 row), sementara untuk serie 30XX, maka akan mempergunakan 3 baris (3 row) kita lihat port HDMI 2 row dan 3 row dibawah ini.





Pada kaki port HDMI. yang berjumlah 4 titik, berikanlah FLUX cair, upayakan semua terlumasi dengan benar tanpa terlewatkan. Tetapi ingat jangan juga sampai berlebih, sehingga boros dan tidak berguna.



Berikan timah LEADEED, dan campurkan dengan timah asli Port HDMI nya yaitu timah LEADFREE. biarkan dan panaskan sampai keduanya bersatu. bisa dibantu agar cepat lumer. gosok gosokan Solder heat ke timah LEADEED dan LEADFREE.



Jangan lupa, PIN dari HDMI yang menempel ketat pada Jalurnya, kita harus berikan FLUX, dan berikan juga timah LEADEED secara merata. cairkan dan satukan dengan timah LEADFREE nya.



Pada tiap PIN kaki HDMI jangan lupa diberikan FLUX, Kemudian berikan pula Timah LEADEED. Gosokan biar bercampur dengan Timah LEADFREE yang ada.



Gunakan "Captone Protective Tape" pada permukaan disekitar Port HDMI nya, Rekatkan Selotive ini, dengan hati hati, melindungi beberapa kapasitor micron yang berada di sekitar port HDMI nya.





Setelah tertutup dengan rapih dan rapat, PANAS kan kaki-kaki atau PIN dari port HDMI tersebut. Panaskan sampai Timah nya terlihat mencair dan melunak, Gunakan "TOOTSTICK" untuk menggoyangkannya. Agar Port terkontrol sudah bisa dicabut atau belum.



Pada saat MENCABUT atau MENGGOYANG dari Port HDMI tersebut, Pastikan tidak ada HEADPAD yang tercerabut, dan Copot dari posisi nya.



Perbaiki bentuk dari permukaan HEADPAD dengan memberikannya timah LEADEED diatas permukaan nya. Pastikan. terlihat rapih dengan memberikan FLUX yang cukup. agar rata dan tidak bersatu. diantara Headpad nya.



Gunakan Solder wicked untuk meratakan permukaan Headpad.









Pastikan PIN berada tepat diatas Headpadnya. posisikan sekali lagi harus tepat dan tidak menceng



Setelah dirasa posisi PIN HDMI tepat berada diatas dari Headpadnya, Maka segera kita berikan FLUX, fungsi dari FLUX ini sebagai pemerata panas, tetapi bisa juga memudahkan melumerkan daripada Timah Leadeed yang kita pergunakan, dan memisahkan PIN satu dengan PIN yang lainnya.



Sekarang solderkan satu persatu PIN tersebut hingga menyatu dengan HEADPAD nya. sekali lagi pastikan "Harus" menyatu, untuk memeriksanya, bisa saja nanti setelah selesai, Goreskan ujung Jarum diatas dan disamping PIN PIN nya. apakah ada yang bergeser? jika ada Ulangi pemanasan dengan solder heat, sampai PIN PIN tersebut benar-benar menyatu.











KESIMPULAN :
Cara-cara diatas tidak menggunakan proses mencabut dan memasang menggunakan mesin BGA REWORK, biarpun didalam proses mencabut dan memasang, Menggunakan Solder Heat, Tetapi nilai akhir harus tetap sempurna seperti kita menggunakan mesin BGA REWORK. artinya kualitas timah setelah terpasang, Terlihat matang, Tidak rapuh, dan tidak merusak headpad, karena overheat pada saat memasang timah pada Headpad. Jadi tidak terlihat tajam tajam dan kurang rapih pada saat memasangnya

MINAT dengan tutorial dengan gaya paparan seperti diatas?
Suka dengan banyak gambar yang membantu untuk menjelaskan?
Itulah gaya EBOOK TUTORIAL yang saya buat.
Sengaja saya buat sangat sederhana,
Dan mudah mudahan bisa dipahami dengan mudah.
Jika ingin tahu daftar isi dari Ebook Tutorial.
Silahkan anda klik tautan dibawah ini.



Silahkan anda pesan dan Untuk Service Playstation di Denpasar Hubungi:
Kutekuni.com dengan nomor Telpon (WA) : 081916029615.

RENUNGAN HARIAN
MENGAPA ORANG BAIK TERTIMPA MUSIBAH?
DAN MENGAPA ALLAH MEMBIARKAN SEMUA INI
BISA TERJADI ?



Banyak orang berpikir bahwa Allah bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi di dunia ini, termasuk berbagai musibah. Mereka menyimpulkan seperti itu karena Allah Yehuwa adalah Pencipta segala sesuatu dan sangat mahakuasa. Dan karena disebut sangat mahakuasa, berarti sudah seharusnya mampu menghindarkan orang baik dari segala bencana yang datang, Bagaimana menurut anda? Apakah dengan alasan seperti itu. kita memiliki alasan yang relevan untuk menyalahkan allah dan membencinya? Mengapa dikatakan mampu tetapi allah diam saja? membiarkan Orang baik bahkan Tewas didalam sebuah bencana?






Categories:

0 comments:

Post a Comment

 

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts