PORT USB PS3 TIDAK MAU MENDETEKSI DEVICE (STICK/USBFLASHDISK). BAGIAN 1

Mungkin anda pernah mengalami.

PS3, dicolokin Stik, atau dicolokin USBFlashdisk.
Ternyata semua tidak bisa terkoneksi.
Anda tentunya sudah cek,  Stik tidak ada masalah.
Dan USBFlashdisk pun sama, Tidak ada masalah.
Lantas dimana masalahnya? Apakah anda seperti biasa, Akan menebak-nebak IC mana yang anda anggap rusak? Langsung cabut, dan langsung Ganti? Tentu tidak. Untuk memastikannya.  anda harus mengukurnya, Darimana anda seharusnya mulai mengukur? dan berapa nilainya yang harus anda ukur dan ketahui? Untuk itu, Anda harus mengikuti Tutorial dibawah ini......





[1]. APAKAH USB PORT BERMASALAH?
Seperti apa USB port PS3 itu? Lihat gambar dibawah ini. Saya akan membuat sedetil mungkin. Pengajaran ini agar bisa dimengerti oleh Orang awam sekalipun. Jadi silahkan anda perhatikan dan simak dengan benar gambar dibawah ini. Bukalah Cassing PS3 nya dan carilah Port USB nya.



Dan ketika di balik, Maka beberapa PIN HEAD USB dibawahnya akan terlihat.



Sekarang, Bagaimana cara mengukur Pin Head nya jika, dikatakan Port USB ini BAIK, atau jika dikatakan Port USB ini JELEK atau BURUK. Sekarang lihat diagram dibawah ini. Berapa nilai tiap- tiap Pin Head. PERHATIKAN : Pada setiap Port USB, selalu ada 4 Pin Head. Jika Pin head ini karat, Bengkok, Putus dan bersatu. lakukan proses memperbaikinya, Bersihkan dengan Cairan Thinner. Jika bengkok Luruskan, Jika putus karena karat GANTI-lah.



Jika kita menggunakan panduan EBOOK, disana dikatakan bahwa part ini memiliki nomor type part adalah : CN3401, Part ini adalah part SATA USB. dan memiliki 4pin. Lantas, Bagaimana cara mengukurnya, Jika Part ini Bagus,  Atau Jelek?


Jadi disini terlihat, Hanya ada 2 Tegangan yang Utama yang harus kita ukur. Yaitu tegangan pada testpoint Resistor mikron, R3420 sebesar  +12Vdc, Dan satu lagi Testpoint pada Capasitor Mikron C3418. sebesar +5Vdc, Dimanakah letak. kedua Testpoint Tersebut pada Motherboard? Mari kita lihat gambar dibawah ini.



Sangat saya sarankan untuk Mengukur langsung pada ke 4 Pin konektor USB Portnya. Pastikan kaki Pin 1, Memiliki nilai 12Vdc, dan kaki ke 4 pada Pin tersebut memiliki tegangan 5Vdc. Jadi bukan hanya anda bisa memastikan Jalur tegangan tidak putus, Untuk memastikan USB Port ini bagus atu buruk pun, Bisa langsung dapat disimpulkan.



Tapi tahukah anda, Dari beberapa cara pengukuran yang sangat disukai oleh para teknisi,  adalah Cara mengukur dengan menggunakan skalar OHM? ya, Banyak alasan untuk itu, Dan ini adalah salah satu alasannya, Karena teknisi bisa saja "SALAH" dalam menempatkan Probe, pada sebuah testpoint, Maka sisi resiko IC menjadi Mati karena short. bisa dihindari, atau bisa Lebih dihilangkan oleh pengukuran secara OHM, Dan tidak perlu pasang pendingin yang ribet pada PS3, ketika akan mengukur.  jadi resiko itu tidak ada. dan ribetpun tidak ada, dan dengan cara mengukur menggunakan scalar OHM, bisa cepat dilakukan. Hanya tinggal tempel probe pada testpoint, maka langsung terukur. Tapi tentu harus dipahami, Tidak semua part dan nilai, sebuah part, Valid nilainya dengan cara diukur dengan OHM, jadi pahami cara mengukur dengan menggunakan OHM meter.



RESISTOR  adalah suatu benda atau salah satu komponen yang ada pada PS3,  yang memiliki sifat menghambat atau menahan arus listrik yang mengalir pada sebuah media hantar, Sehingga besar  arus yang mengalir pada input terminal akan menjadi lebih kecil dibanding arus output pada sebuah Resistor. Sekarang, Apa yang dimaksud resistor SMD? SMD merupakan singkatan dari Surface Mount Device. Sebuah SMD adalah komponen elektronik yang dibuat untuk digunakan dengan SMT (Surface Mount Technology).  Karena ukuran resistor SMD yang sangat kecil, pada resistor SMD tidak dicetak kode warna seperti pada resistor umumnya, melainkan dikembangkan kode baru untuk resistor SMD, yaitu dengan sistem tiga digit, empat digit, dan sistem Electronic Industries Alliance (EIA) yang disebut EIA-96.

Kita perhatikan bentuk dari Resistor R3420 dibawah loop, Microskop PCB dibawah ini. terlihat jelas keadaanya sudah korosi. kita harus pastikan untuk mengukurnya, ATAU sebaiknya, Anda langsung Ganti saja. agar Usia pemakaian lebih baik lagi. TAPI ingat harus dengan nilai dan ukuran yang sama. R3420 memiliki Nilai 0 Ω biasanya digunakan sebagai jumper pada sebuah rangkaian dengan tidak memiliki nilai hambatan atau 0.



PERHATIKAN :
Resistor jenis MICRON ini mempunyai nilai yang tertera langsung pada body komponen-nya, sedangkan Resistor SMD menggunakan kode digit (3 dan 4 Digit) pada body, yang menunjukkan nilai resistansi dari komponen resistor tersebut. jadi anda sekarang tahu bedanya.

Sekarang tempatkan Probe yang berwarna MERAH, pada PIN ke 1. Pastikan Skalar AVOmeter sudah berada pada posisi "X10" (Saat ini kita akan mengukur Jalur. Apakah ada yang putus atau tidak).



Tempatkan sekarang Probe warna HITAM, pada ujung dari R3420. Anda mau menempatkan di sebelah KIRI atau KANAN, tidak masalah karena R3420 adalah  sebuah resistor Jumper yang hanya bermuatan resistansi "0" Ohm. jadi anda tempatkan probe di kiri atau dikanan tidak ada masalah.



Sekarang perhatikan Jarum pada AVOmeter, kita melihat pergerakan jarum menunjukan NAIK. hal ini menandakan jalur dengan resistansi "0" tidak putus, ARTINYA, untuk tegangan 12Vdc, harusnya muncul karena jalur tidak putus.  



Lakukan hal yang sama pada PIN ke 4, dan lihatlah, Apakah jarum AVOmeter naik? Jika naik berarti jalur pin ke 4 tidak putus. Tetapi jika kebalikannya berarti putus. Tetapi, jika jalur semuanya tidak putus, Tetapi port USB tetap tidak bisa membaca USBFlashdisk, lantas masalahnya dimana? nah jawabannya ada pada postingan berikutnya ya. Dengan judul :  PORT USB PS3 TIDAK MAU MENDETEKSI DEVICE (STICK/USBFLASHDISK). BAGIAN 2. Silahkan ikuti petunjuk selanjutnya.



KEMISKINAN :
Walaupun banyak orang,  Dengan berniat hati yang baik, Dengan Teknologi yang modern, Berusaha keras untuk menuntaskan masalah kemiskinan, Tetapi angka kemiskinan tetap jauh tidak bisa tertuntaskan sampai saat ini? Bahkan masih ada jutaan orang di seluruh dunia yang hidup miskin. bahkan di negara-negara yang dianggap paling kaya sekalipun?  Lantas bagaimana orang miskin bisa bahagia? Dan bagaimana kita bisa bahagia? Ya, untuk menjawab hal ini. silahkan anda buka link dibawah ini.

Categories:

0 comments:

Post a Comment

 

Featured Posts

Featured Posts

Featured Posts